Susanto (2009) Proses Berpikir Anak Tunanetra Dalam Menyelesaikan Operasi Aljabar Pada Permasalahan Luas Dan Keliling Persegi Panjang. Kontribusi Aljabar dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Penelitian dan Pembelajaran Matematika untuk Mencapai World Class University. ISSN 978-979-16353-2-5
|
Text
m-6.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya kondisi kecerdasan anak tunanetra tidak berbeda dengan anak normal umumnya. Apabila diketahui kondisi kecerdasan anak tunanetra lebih rendah dari anak normal (awas, melihat) pada umumnya hal tersebut disebabkan anak tunanetra mengalami hambatan persepsi, berpikir secara komprehensip dalam mencari rangkaian sebab akibat, meskipun dalam proses berpikirnya tidak berbeda dengan anak normal. Umumnya pengetahuan atau informasi yang dimiliki seseorang diperoleh melalui indra; dalam hal ini indra penglihat menduduki peranan yang paling penting; selebihnya melalui indra yang lain yaitu peraba, pendengar, pencium, dan perasa. Khusus untuk tunanetra, justru indra penglihat terabaikan, tetapi indra peraba lebih kuat. Proses masuknya informasi tidak sama dengan anak awas; hanya benda‐benda yang dapat diraba, didengar, dicium, dan dirasa yang dapat dikenali oleh anak tunanetra. Sehingga memberi informasi kepada anak tunanetra tidak melewati penglihatan tetapi melewati indra lainnya. Dalam tulisan ini akan memaparkan bagaimana proses berpikir anak tunanetra dalam menyelesaikan operasi aljabar pada permasalahan luas dan keliling persegi panjang. Kata Kunci: proses berpikir, anak tunanetra, operasi aljabar, persegi panjang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | proses berpikir, anak tunanetra, operasi aljabar, persegi panjang |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 00:38 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 00:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |