Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Dalam Berolahraga di Embung Tambakboyo Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

Arsa, Naufal (2022) Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Dalam Berolahraga di Embung Tambakboyo Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_naufal arsa_16601244001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam berolahraga di Embung Tambakboyo Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan pengambilan partisipan dilakukan secara purposive sampling dan accidental sampling. Penelitian ini dilakukan di Embung Tambakboyo Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Partisipan dalam penelitian adalah peserta laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 17-60 tahun yang berjumlah 7 orang ( 3 orang perempuan dan 4 orang laki-laki ) yang sedang melakukan aktivitas fisik/olahraga di Embung Tambakboyo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Dalam penelitian kualitatif instrumen utamanya adalah peneliti sendiri. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah selesai di lapangan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model Miles dan Huberman dengan analisis yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh, aktivitas dalam analisis data reduksi, data display, dan conclusion. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam berolahraga di Embung Tambakboyo, diantaranya adalah faktor pengetahuan, faktor dorongan, faktor sosial dan faktor lingkungan. Masyarakat yang cenderung memiliki faktor pengetehuan karena adanya kesadaran akan pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Demikian dengan mengenali kondisi fisik diri sendiri, seseorang dapat melakukan aktivitas fisik sesuai dengan porsinya masing-masing. Selain fisik terdapat aspek psikologis yang menyangkut kondisi kejiwaan seseorang, dengan berolahraga menjadikan kesehatan mental seseorang lebih terjaga.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Muhammad Hamid Anwar, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: partisipasi, masyarakat, olahraga, Embung Tambakboyo
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Aug 2022 09:27
Last Modified: 31 Aug 2022 09:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74141

Actions (login required)

View Item View Item