Peningkatan Pembelajaran Teknik Passing Bawah Dengan Metode Bermain Kucing–Kucingan Dalam Permainan Sepak Bola untuk Kelas V SDN 55 Bengkulu Selatan

Praguna, Lovi Okta (2021) Peningkatan Pembelajaran Teknik Passing Bawah Dengan Metode Bermain Kucing–Kucingan Dalam Permainan Sepak Bola untuk Kelas V SDN 55 Bengkulu Selatan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_lovi okta praguna_17604224030.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain kucing-kucingan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan sepak bola siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 55 Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Classrom Action Research). Langkah- langkah dalam penelitian ini berlandaskan pada model Kurt Lewis dengan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pengamatan, tindakan dan refleksi. Kemudian dalam penelitian ini meliputi dua siklus dengan subjek penelitian berfokus pada 12 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 55 Bengkulu Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes ketepatan, Lembaran Observasi dan Dokumentasi. Data hasil penelitian ini berbentuk kuantitatif presentase. Tempat penelitian ini adalah SDN 55 Bengkulu Selatan. Durasi waktu penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus sampai 15 September 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata ketepatan passing bawah sepak bola kelas 5 SDN 55 Bengkulu Selatan adalah 2.42 pada kategori cukup. Nilai rata-rata ketepatan passing bawah memasukan bola ke gawang sepak bola kelas 5 SDN 55 Bengkulu Selatan adalah 2.58 pada kategori cukup. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya proses pembelajaran yang dilihat dari perolehan nilai siswa kelas V secara individu dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu nilai 70 dan didukung dengan perolehan nilai ketuntasan secara klasikal yaitu 75%, dengan demikian metode bermain kucing kucingan berpengaruh dalam proses pembelajaran sepak bola bagi siswa untuk aktif, gembira dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: siswa, kucing-kucingan, passing bawah, sepak bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Aug 2022 09:33
Last Modified: 31 Aug 2022 09:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74140

Actions (login required)

View Item View Item