Mengembangkan Softskill Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah

Djamilah Bondan, Widjajanti (2011) Mengembangkan Softskill Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-54.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Soft skill meliputi ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan ketrampilan dalam mengatur diri sendiri (intra personal skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal. Soft skill mahasiswa calon guru matematika perlu dikembangkan selama perkuliahan agar kelak mereka menjadi guru matematika yang berkompeten dan sukses dalam karir maupun dalam hidup bermasyarakat. Empat kunci penting agar pelaksanaan perkuliahan menggunakan strategi kolaboratif berbasis masalah dapat menjadi kegiatan belajar-mengajar yang berpotensi mengembangkan beberapa soft skill mahasiswa adalah: (1) pemilihan masalah; (2) pembentukan kelompok; (3) pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara mandiri sebelum dan sesudah diskusi kelompok; dan (3) peran dosen sebagai fasilitator. Masalah matematika yang kontekstual, realistik, dan open-ended , dapat menjadi pilihan untuk mengembangkan empati atau kepedulian mahasiswa terhadap sesama, negara, dan lingkungan. Diskusi yang intensif dalam tim yang heterogen berpotensi melatih kesabaran, ketangguhan, kepercayaan diri, dan kemampuan mahasiswa dalam berargumentasi. Kelompok belajar yang heterogen berpotensi mengembangkan ketrampilan mahasiswa dalam berinisiatif, beradaptasi, berinteraksi sosial, dan bekerja dalam tim. Pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara mandiri sebelum dan sesudah diskusi kelompok berpotensi mengembangkan kemandirian belajar dan tanggung jawab. Peran dosen sebagai fasilitator, yang mampu melakukan interfensi atau memberi bantuan kepada mahasiswa atau kelompok mahasiswa tepat waktu dan sasaran, sangat memungkinkan berkembangnya sifat-sifat baik seorang mahasiswa, khususnya dalam semangat, common sense, rasa humor, integritas, pengelolaan waktu, dan motivasi. Kata kunci: soft skill, matematika, kolaboratif berbasis masalah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: soft skill, matematika, kolaboratif berbasis masalah
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Nov 2012 00:38
Last Modified: 13 Nov 2012 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7414

Actions (login required)

View Item View Item