Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Dasar Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Peserta Didik Kelas V SD Negeri Karangnongko III Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul

Anggana, Satrio Wahyu (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Dasar Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Peserta Didik Kelas V SD Negeri Karangnongko III Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_satrio wahyu anggana_18604221019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan dasar passing menggunakan kaki bagian dalam melalui media pembelajaran audio visual pada siwa kelas V SD Negeri Karangnongko III kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrumen penelitian tes dan non tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Karangnongko III tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 16 anak. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diketahui ketuntasan hasil belajar passing menggunakan kaki bagian dalam melalui media pembelajaran audio visual sebanyak 7 anak dengan persentase (43,75%) sedangkan pada siklus II mecapai 14 anak dengan persentase (87,5%). Rata-rata hasil belajar secara klasikal pada siklus I diperoleh hasil 70,71 dan pada siklus II sebesar 85,60. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar passing menggunakan kaki bagian dalam melalui media pembelajaran audio visual pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangnongko III tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, sepakbola, passing, media pembelajaran audio visual
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:36
Last Modified: 30 Aug 2022 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74125

Actions (login required)

View Item View Item