Pengembangan Profesionalisme Guru Matematika Pascasertifikasi Melalui CPD PTK Pada SMP Di Kota Semarang

Dr. Wardono, M.Si (2011) Pengembangan Profesionalisme Guru Matematika Pascasertifikasi Melalui CPD PTK Pada SMP Di Kota Semarang. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-51.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Masalah utama penelitian ini adalah; (1) Bagaimana model manajemen pelatihan dan pendampingan (PP) CPD PTK yang efektif dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam arti dapat meningkatkan kinerja guru matematika pada SMP di kota Semarang?; (2) Bagaimana dampak positif model manajemen pelatihan dan pendampingan CPD PTK terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada SMP di kota Semarang? Metode penelitian ini secara keseluruhan adalah penelitian R&D (Riset & Development), dengan penelitian pengembangan menggunakan eksperimen “pretest-postest with control group design”. Populasi penelitian ini adalah guru matematika SMP di kota Semarang yang sudah tersertifikasi dan siswa SMP di kota Semarang. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan memperhatikan status sekolah SSN, RSBI dan RSSN. Data dari guru maupun siswa diambil dengan metode angket, metode tes, lembar observasi terfokus dan pedoman wawancara mendalam didukung lembar penilaian validator ahli, praktisi, supervisor, pemonitor pada FGD. Analisis data dengan analisis statistik deskriftif, anova dan uji t dengan SPSS 16.0 dan CFA SEM dengan LISREL 8.8. Hasil penelitian; (1) Model pelatihan CPD PTK secara efektif dapat meningkatkan profesionalisme guru matematika SMP dalam arti dapat meningkatkan kinerja guru, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan guru tentang PTK yang mendukung profesionalismenya; (2) Model pelatihan CPD PTK berdampak positif meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP karena model pelatihan ini melakukan langkah-langkah manajemen dalam fungsi perencanaan pelatihan, fungsi pelaksanaan pelatihan dan fungsi penilaian program pelatihan yang matang. Kata kunci : pengembangan, profesionalisme, guru, CPD, PTK

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengembangan, profesionalisme, guru, CPD, PTK
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Nov 2012 00:38
Last Modified: 13 Nov 2012 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7411

Actions (login required)

View Item View Item