Dampak Pandemi Dan Refleksi Guru Terhadap Pembelajaran PJOK Pascapandemi Covid-19 di Kabupaten Bantul

Ardiansyah, Rizal (2022) Dampak Pandemi Dan Refleksi Guru Terhadap Pembelajaran PJOK Pascapandemi Covid-19 di Kabupaten Bantul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rizal ardiansyah_20733251017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan dampak pandemi Covid-19 dan mengeksplorasi refleksi guru terhadap pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta kemungkinan pembelajarannya pascapandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis metode campuran sekuensial eksplanatori. Jumlah subjek dalam penelitian kuantitatif yaitu 41 guru PJOK sekolah menengah di Kabupaten Bantul sedangkan untuk jumlah partisipan pada fase kualitatif yaitu 4 guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian kuantitatif dengan kuesioner sedangkan pada fase kualitatif menggunakan wawancara semi terstruktur. Analisis data yang digunakan pada penelitian kuantitatif yaitu analisis statistik deskriptif dengan skala Guttam sedangkan pada fase kualitatif menggunakan analisis data tematik dengan bantuan aplikasi ATLAS.ti versi 22. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pandemi Covid-19 menimbulkan beberapa kendala terhadap proses pembelajaran PJOK yang meliputi; menurunnya minat belajar peserta didik yang dinyatakan oleh 95% guru, kinerja guru semakin berat yang dinyatakan oleh 35 guru, tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang dinyatakan oleh 85% guru, kesulitan dalam proses pembelajaran yang dinyatakan oleh 83% guru, penurunan hasil belajar peserta didik yang dinyatakan oleh 93% guru, serta kesulitan dalam penilaian dan evaluasi yang dinyatakan oleh 93% guru. Serta terdapat hal positif yang bermanfaat untuk menunjang pembelajaran selama pandemi maupun ketika pascapandemi. Hal tersebut meliputi mampu meningkat keterampilan guru dalam menggunakan pemanfaatan teknologi yang dinyatakan oleh 98% guru, mampu meningkatkan kreatifitas guru dalam pembelajaran yang dinyatakan oleh 100% guru, proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel yang dinyatakan oleh 66% guru, tumbuhnya kolaborasi orang tua dan guru yang dinyatakan oleh 68% guru, dan meningkatkan kemandirian peserta didik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pandemi menimbulkan beberapa dampak yang menjadi refleksi dan pembelajaran bagi guru untuk kegiatan belajar pascapandemi.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pandemi Covid-19, pascapandemi, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:28
Last Modified: 26 Aug 2022 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74108

Actions (login required)

View Item View Item