Hambatan Mahasiswa PJKR E Angkatan 2020 Saat Mengikuti Perkuliahan Keterampilan Dasar Renang

Annastasya, Sabilla Nurul (2022) Hambatan Mahasiswa PJKR E Angkatan 2020 Saat Mengikuti Perkuliahan Keterampilan Dasar Renang. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sabilla nurul annastasya_18601241040.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh mahasiswa PJKR E angkatan 2020 saat mengikuti perkuliahan keterampilan dasar renang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Yogyakarta. Perkuliahan keterampilan dasar renang prodi PJKR dilaksanakan di kolam renang FIK UNY pusat. Subjek dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa PJKR E angkatan 2020 yang belum lulus dan yang tidak mencapai target ujian mata kuliah keterampilan dasar renang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan teknik triangulasi sumber, yaitu hasil wawancara dengan dosen pengampu, pengelola kolam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang menyebabkan mahasiswa kesulitan saat mengikuti pembelajaran renang, yaitu disebabkan oleh faktor internal. Berdasarkan faktor internal indikator psikologis diantaranya beberapa mahasiswa merasa rasa takut atau cemas saat berada didalam air, adanya mahaiswa yang kurang suka mengikuti perkuliahan keterampilan dasar renang. Berdasarkan indikator fisik, yaitu badan masih kaku ketika melakukan gerakan renang di air karena kurangnya latihan di luar jam perkuliahan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: hambatan, mahasiswa PJKR E angkatan 2020, pembelajaran renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:48
Last Modified: 26 Aug 2022 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74104

Actions (login required)

View Item View Item