Wahyu, Hidayat and Anik, Yuliani (2011) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kooperatif Think Talk-Write (TTW). Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3
|
Text
p-50.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen berbentuk kelompok kontrol pretes-postes, dengan perlakuan pendekatan pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW) dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan kooperatif Think-Talk-Write (TTW) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan cara konvensional berdasarkan tingkat kemampuan siswa tinggi, sedang, dan kurang ( α = 5%); (2) Tidak terdapat efek interaksi antara pendekatan pembelajaran dan TKAS dalam menghasilkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa ; (3) Faktor Pendekatan Pembelajaran memiliki peran yang lebih besar dalam pencapaian kemampuan berpikir kritis matematik siswa dibanding faktor Tingkat Kemampuan Awal Siswa (TKAS); Kata kunci : berpikir kritis matematik, Think-Talk-Write (TTW)
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis matematik, Think-Talk-Write (TTW) |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 00:38 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 00:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |