Analisis Kualitatif Literasi Digital di Kalangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sebelum, Saat, dan Pasca Pandemi COVID-19

Widyantara, Toni (2022) Analisis Kualitatif Literasi Digital di Kalangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sebelum, Saat, dan Pasca Pandemi COVID-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_toni widyantara_18601244038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui literasi digital di kalangan guru PJOK sebelum, saat, pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan pada tanggal 9 Maret sampai 31 Juli 2022. Teknik pengambilan data dengan wawancara tipe satu-lawan-satu dengan semi-terstruktur agar dapat melihat tanggapan secara langsung partisipan dalam menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan peneliti. Hasil wawancara direkam dengan alat perekam digital dan di transkrip dalam bentuk teks untuk keperluan analisis. Analisis dalam penelitian ini dibantu dengan menggunakan aplikasi ATLAS.ti 22. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK sebanyak 10 orang dan sudah memiliki pengalaman mengajar lebih dari sepuluh tahun. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa partisipan dalam penelitian ini masuk dalam kategori guru dari generasi akhir Baby Boomers dan generasi akhir X. Deskripsi tekstural literasi digital sebelum, saat, dan pasca pandemi menggambarkan esensi literasi digital, implementasi media digital, determinisme teknologi, hambatan pembelajaran online, dan program usaha guru. Guru dari generasi akhir Baby Boomers sebelum pandemi jarang menggunakan media digital, kesulitan beradaptasi dengan media digital saat pandemi muncul, dan pasca pandemi tidak berusaha meningkatkan literasi digital. Guru dari generasi akhir X sebelum pandemi sudah menggunakan menggunakan media digital, mudah beradaptasi dengan media digital saat pendemi muncul, dan pasca pandemi tetap berusaha meningkatkan literasi digital.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: literasi digital, guru PJOK, pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2022 09:01
Last Modified: 25 Aug 2022 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74097

Actions (login required)

View Item View Item