Kesalahan Siswa SMP Dalam Melakukan Operasi Aritmatika Pada Pecahan

Very Hendra, Saptra (2011) Kesalahan Siswa SMP Dalam Melakukan Operasi Aritmatika Pada Pecahan. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-49.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Operasi aritmatika adalah operasi dasar yang dipelajari pada mata pelajaran matematika. Kurangnya pemahaman pada oprasi aritmatika akan mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami dan mempelajari matematika pada tingkatan yang lebih tinggi. Setelah siswa belajar operasi aritmatika pada bilangan bulat maka tingkatan yang selanjutnya adalah pada pecahan. Pada umumnya para siswa kurang memahami konsep oprasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep operasi aritmatika pada pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan berupa pemberian soal pecahan kepada siswa tanpa perlakuan sebelumnya, hanya ingin mengetahui bagaimana cara berfikir siswa dalam menyelesaikan soal pecahan. Soal yang diberikan terdiri dari dua jenis yaitu soal uraian dan soal cerita. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar dari para siswa kurang menuasai oprasi aritmatika pada pecahan. Katakunci : operasi aritmatika, pecahan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: operasi aritmatika, pecahan
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Nov 2012 00:38
Last Modified: 13 Nov 2012 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7409

Actions (login required)

View Item View Item