Pembelajaran Persentase Yang Bermakna Melalui Pembelajaran Matematika Realistik

Veronika Fitri, Rianasari (2011) Pembelajaran Persentase Yang Bermakna Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-48.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa para siswa sering mengalami kesulitan untuk memahami persentase walaupun mereka dapat mengungkapkan bahwa persen adalah ‘per seratus’ dan dapat melakukan perhitungan secara benar. Hal ini mungkin terjadi karena pembelajaran persentase cenderung berfokus pada prosedur-prosedur tanpa mengeksplorasi pemahaman yang mendasar mengenai persentase itu sendiri. Menyadari hal tersebut, diperlukan paradigma baru yang berfokus pada perkembangan pemahaman siswa. Makalah ini akan membahas ide-ide untuk mendukung pemahaman siswa mengenai persentase melalui pembelajaran matematika realistik. Prinsip utama dari pendidikan matematika realistik adalah bahwa matematika harus bermakna bagi siswa. Hal ini dapat dicapai dengan penggunaan situasi yang bermakna, baik dalam bentuk permasalahan maupun aktivitas sebagai landasan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, beberapa permasalahan kontekstual mengenai persentase dieksplorasi untuk digunakan sebagai titik awal pembelajaran persentase. Norma sosial kelas (classrooms social norms) dan norma sosial matematika (socio- mathematical norms) dalam proses pembelajaran sangat penting dibangun untuk mendukung berlangsungnya proses pembelajaran yang bermakna. Kata kunci: persentase, pemahaman yang bermakna, pendidikan matematika realistik, norma kelas

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: persentase, pemahaman yang bermakna, pendidikan matematika realistik, norma kelas
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Nov 2012 01:32
Last Modified: 13 Nov 2012 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7408

Actions (login required)

View Item View Item