Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah

Uhti (2011) Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-47.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Selama ini pembelajaran yang dilakukan berpusat pada guru dan penyelesaian matematika yang hanya terdiri dari satu jawaban. Hal ini menyebabkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa rendah karena mereka hanya terpaku pada langkah-langkah yang digunakan oleh guru. Selain karena pentingnya kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu sebagai tujuan pokok dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan sebuah usaha untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan memberikan yang aktifitas pembelajaran yang mendukung berkembangnya kemampuan tersebut. Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan open ended merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk menumbuh kembangkan kemampuan pemecahan masalah dan membuat mereka untuk aktif dalam aktivitas kelas. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, pendekatan open ended, kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, pendekatan open ended, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Nov 2012 00:38
Last Modified: 13 Nov 2012 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7407

Actions (login required)

View Item View Item