Azizah, Fathina (2022) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT SISWA SMA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Fulltext_Skripsi_Fathina Azizah_Final.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Fenomena rendahnya student engagement pada peserta didik terjadi saat pandemi COVID-19 dengan sistem pembelajaran yang dinamis. Perubahan sistem pembelajaran saat pandemi dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, hingga PTM penuh yang menjadikan siswa harus bisa adaptif. Kemampuan siswa dalam menjaga student engagement tentunya tidak lepas dari kepribadian masing-masing siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui tipe kepribadian Big Five terhadap student engagement siswa SMA di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Partisipan penelitian ini sebanyak 349 siswa SMA yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan instrumen berupa skala student engagement dan Big Five Inventory. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif tipe kepribadian big five terhadap student engagement dengan nilai Sig. 0.000 (p<0.05) dan memiliki sumbangan efektif sebesar 27,2%. Tipe kepribadian yang secara spesifik memengaruhi student engagement adalah extraversion (Sig.=0.045), conscientiousness (Sig.=0.000), dan openness (Sig.=0.006). Setiap tipe kepribadian memiliki sumbangan efektifnya dengan extraversion sebesar 4,35%, agreeableness sebesar -0,02%, conscientiousness sebesar 16,96%, neuroticism sebesar 0,13%, dan openness sebesar 5,73%. Kata Kunci: student engagement, kepribadian big five, siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi |
Depositing User: | Jurusan Psikologi |
Date Deposited: | 21 Aug 2022 04:22 |
Last Modified: | 21 Aug 2022 04:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74062 |
Actions (login required)
View Item |