Totok Triyadi, S.Si. (2011) Penguatan Metodologi Pembelajaran Matematika Untuk Menerapkan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Secara Optimal. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3
|
Text
p-46.pdf Download (130kB) | Preview |
Abstract
Pencanangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh pemerintah telah ditindaklanjuti oleh sekolah – sekolah dengan mengadakan serangkaian kegiatan. Mulai dari sosialisasi, penyesuaian kurikulum (silabus dan RPP), pelatihan pendidikan karakter untuk guru, penguatan kegiatan siswa (OSIS), pembenahan lingkungan dan lain sebagainya. Peran guru menjadi sangat penting, karena guru menjadi ujung tombak pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dan berhadapan langsung dengan siswa. Guru diharapkan selain mengadakan pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, namun juga mampu menyisipkan materi pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam proses pembelajarannya tanpa mengurangi esensi dari pembelajaran utamanya. Matematika oleh sebagian siswa masih dianggap mata pelajaran yang sulit, dan sepertinya menjadi dilematis bagi guru bila diharapkan menyisipkan pendidikan budaya dan karakter bangsa ke dalam pembelajaran matematika. Namun, dengan mengadakan penguatan metodologi pembelajaran matematika selain untuk kepentingan pembelajaran matematika juga diharapkan dapat menerapkan pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran matematika secara optimal. Kata kunci : pendidikan budaya dan karakter bangsa, metodologi pembelajaran matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan budaya dan karakter bangsa, metodologi pembelajaran matematika |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 00:38 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 00:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7404 |
Actions (login required)
View Item |