Membangun Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui CTL Berbasis Kecerdasan Majemuk

Syukrul Hamdi, S.Pd (2011) Membangun Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui CTL Berbasis Kecerdasan Majemuk. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-45.pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Pendidikan karakter di Indonesia dirasakan amat perlu pengembangannya Penanaman karakter pada siswa sepatutnya menjadi solusi permasalahan yang sering dihadapi oleh bangsa dan negara. Karakter sangat dibutuhkan untuk memantapkan perkembangan jasmani dan rohani setiap siswa. Tanpa adanya karakter yang jelas maka siswa akan mengalami kebingungan terhadap keadaannya dan sulit untuk menentukan apa yang seharusnya dilakukan. Selain itu, mereka akan kesulitan pula menyemaikan jati diri mereka sehingga sulit untuk mengasah bakat atau kemampuan yang dimiliki karena kekakuan yang ada. Karakter siswa bisa dilatih dan dibangun melalui pembelajaran di kelas khususnya pada pembelajaran matematika. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis kecerdasan majemuk, sangat cocok digunakan untuk membangun karakter siswa, karena dalam proses belajar guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari; sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkonstruksi sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat. Para guru CTL menyadari bahwa setiap anak memiliki tujuh kecerdasan yang disebutkan oleh Gardner, tetapi dengan tingkat yang berbeda-beda. Mengajarkan keseluruhan kecerdasan itu menjamin bahwa mereka yang unggul, misalnya pada pada kecerdasan musikal akan mendapat kesempatan untuk belajar menggunakan kecerdasan tersebut (Elaine B. Johnson, 2007: 252). Di dalam makalah ini akan dibahas keunggulan pembelajaran matematika melalui CTL berbasis kecerdasan majemuk dalam membangun karakter siswa. Kata kunci: Karakter Siswa, Pembelajaran Matematika, CTL, Kecerdasan Majemuk

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter Siswa, Pembelajaran Matematika, CTL, Kecerdasan Majemuk
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 13 Nov 2012 00:38
Last Modified: 13 Nov 2012 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7403

Actions (login required)

View Item View Item