Model Problem-Based Learning dipadu Huköm Adat Laôt Berorientasi Socio- Scientific Issue pada Pembelajaran Ekosistem untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Lingkungan Siswa SMA.

Lubis, Silvi Puspa Widya and Suryadarma, IGP (2022) Model Problem-Based Learning dipadu Huköm Adat Laôt Berorientasi Socio- Scientific Issue pada Pembelajaran Ekosistem untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Lingkungan Siswa SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-silvi puspa widya lubis-17703261022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik model problem-based learning dipadu huköm adat laôt berorientasi Socio-scientific Issue dalam pembelajaran biologi di SMA yang dikembangkan, (2) mengungkapkan kelayakan model problem-based learning dipadu huköm adat laôt berorientasi socio-scientific issues yang dihasilkan tersebut, (3) mengungkapkan keefektifan model pembelajaran model problem-based learning dipadu huköm adat laôt berorientasi socio-scientific issues terhadap peningkatan kompetensi literasi lingkungan. Model pengembangan menggunakan prosedur ADDIE yang meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek ujicoba yaitu siswa SMA kelas X di Kabupaten Aceh Besar yang berada di daerah pesisir. Untuk mengetahui kelayakan model, data hasil penelitian dianalisis menggunakan formula Aiken’s V, dan untuk melihat perbedaan dan efektivitas model terhadap variabel terikat menggunakan Independent T-Tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) karakteristik model PBL-HL berorientasi SSI memiliki sintaks dengan tujuh tahapan yaitu orientasi, kolaborasi, eksplorasi, pemaknaan, investigasi, presentasi hasil dan evaluasi, (2) model PBL-HL dan perangkat pendukung yang dikembangkan layak berdasarkan penilaian dari validator dan praktisi serta hasil uji empirik dengan kategori baik, (3) model yang dikembangkan tersebut secara signifikan efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan pada diri peserta didik agar tumbuh sikap mencintai dan menjaga lingkungan sehingga dapat memecahkan masalah- masalah lingkungan. Perpaduan model pembelajaran berbasis masalah dengan hukum adat laôt Aceh serta menggunakan isu-isu sosial sains yang ada di lingkungan sekitar dapat membawa manfaat peserta didik untuk memperoleh pemahaman materi pelajaran dari nilai-nilai kearifan lokal, dan meningkatnya literasi lingkungan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: PBL-HL, Problem-based learning, huköm adat laôt, socio-scientific issues, literasi lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:20
Last Modified: 18 Aug 2022 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73994

Actions (login required)

View Item View Item