Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika SD Yang Bernuansa PAKEM Menggunakan Kopermatik (Kotak Permainan Matematika Realistik)

Sri, Subarinah (2011) Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika SD Yang Bernuansa PAKEM Menggunakan Kopermatik (Kotak Permainan Matematika Realistik). Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-40.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Kopermatik dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Kopermatik merupakan seperangkat alat peraga matematika yang dilengkapi LKS matematika realistik dan penggunaannya dirancang dalam bentuk permainan. Implementasi telah dilakukan di SDN 13 Ampenan kelas III dan V dan SDK Aletheia Ampenan kelas II dan IV, semuanya pada tahun ajaran 2011/2012. Model pembelajaran yang digunakan dalam implementasi adalah model kooperatif, siswa belajar berkelompok menggunakan Kopermatik yang dipandu dengan lembar kerja yang memuat penaman konsep dan pemahaman masalah realistik. Berdasarkan pengamatan di kelas, pembelajaran berlangsung secara dinamis, siswa melakukan aktivitas fisik maupun mental yang sinergis dengan penanaman nilai-nilai atau karakter, seperti keberanian, kemandirian, kebersamaan, kepedulian, dan tanggung jawab. Berdasarkan angket yang diisi siswa dan guru, pembelajaran matematika yang mengimplementasikan kopermatik mendapat apresiasi yang baik dari siswa, yaitu 94,2% siswa merasa senang selama pembelajaran dengan Kopermatik, 92,4% siswa merasa terbantu dalam belajar berkelompok, dan 81,2% siswa berani maju menyajikan hasil kerja kelompoknya. Sedangkan berdasarkan hasil evaluasi belajarnya, pemahaman konsep mencapai skor 84,2 dan sedangkan kemampuan memecahkan masalah realistik mencapai skor 78,8. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang mengimplementasikan Kopermatik telah efektif dan dapat membantu dalam menanamkan nilai-nilai karakter berbudi luhur bagi siswa. Kata-kata kunci: Kopermatik, pendidikan karakter, PAKEM, pemahaman konsep, masalah realistik, sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kopermatik, pendidikan karakter, PAKEM, pemahaman konsep, masalah realistik, sekolah dasar
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7397

Actions (login required)

View Item View Item