Syauqi, Khusni and Munadi, Sudji (2022) Pengembangan Strategi Kemitraan Berkelanjutan: Studi Kasus di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan Industri Mitra. S3 thesis, Program Pascasarjana.
Text
disertasi-khusni syauqi-16702261006.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengeksplorasi dan menggambarkan pelaksanaan strategi kemitraan berkelanjutan antara SMK N 2 Yogyakarta dan PT Komatsu Indonesia melalui serangkaian studi kasus; dan (2) merumuskan model strategi kemitraan berkelanjutan antara SMK dan industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus tunggal. Objek dalam penelitian ini adalah SMK N 2 Yogyakarta dan PT Komatsu Indonesia. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari tujuh guru SMK N 2 Yogyakarta dan lima orang devisi dari Komatsu Indonesia, yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, member checking, transferabilitas, dan pengujian dependability. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisis data menggunakan software qualitative data analysis ATLAS.ti 9 yaitu memilih data, mengkoding, mencari data, mengkategorisasikan kode, dan membuat peta konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan strategi kemitraan berkelanjutan antara SMK N 2 Yogyakarta didasarkan adanya motivasi intrinsik, akulturasi nilai-nilai industri, komitmen yang kuat, dan penetapan aktivitas program kegiatan. (2) Model strategi kemitraan berkelanjutan antara SMK dan industri mencangkup strategi formulasi, strategi implementasi, strategi evaluasi. Strategi formulasi terdiri dari manajemen tingkat atas, analisis internal dan eksternal, penyelarasan keinginan dan kebutuhan, menentukan alternatif potensial program, pemilihan strategi dan identifikasi kebutuhan program, dan penyusunan SOP bersama. Strategi implementasi kemitraan dengan bersinergi dan mengakomodasi kebutuhan melalui: penyelarasan staf, kurikulum dan perangkat pembelajaran, pengembangan fasilitas, serta rekognisi bagi guru dan instruktur. Pelaksanaan kegiatan di SMK dengan membentuk kelas khusus industri, akulturasi nilai-nilai industri, menghubungkan teori dan praktik, memperkaya pengalaman kelas; serta teaching factory. Pelaksanaan kegiatan di industri dengan mengidentifikasi kebutuhan kerja, menyediakan pengalaman lapangan, rekognisi bagi siswa, asesmen oleh supervisor, menyerap dan menyalurkan lulusan, serta penyediaan dana. Strategi evaluasi terdiri dari monitoring berkala, menilai strategi dan kinerja, pelaporan dan diseminasi, serta review dan improvement untuk merumuskan strategi melalui perencanaan awal atau penambahan kegiatan baru.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, kemitraan, berkelanjutan, SMK, industri. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 02:31 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 02:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73935 |
Actions (login required)
View Item |