Efektivitas Pendekatan STEM dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas XI di SMK Ma’arif Al-Munawwir Yogyakarta.

Heru, Nur and Wagiran, Wagiran (2022) Efektivitas Pendekatan STEM dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas XI di SMK Ma’arif Al-Munawwir Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nur heru-19702251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pembelajaran pendekatan STEM dengan model PBL pada materi sasis dan pemindah tenaga terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, (2) keefektifan pendekatan saintifik pada materi sasis dan pemindah tenaga terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, (3) pendekatan pembelajaran yang lebih efektif diantara pendekatan STEM dengan model PBL dan pendekatan saintifik pada materi sasis dan pemindah tenaga terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest and posttest group design. Populasi sekaligus responden penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Ma’arif Al-Munawwir Krapyak Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan tahun ajaran 2021/2022, yang berjumlah 60 siswa dan terbagi dalam dua kelas. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan pendekatan STEM dengan model PBL dan kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik. Pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pendekatan STEM dengan model PBL pada materi sasis dan pemindah tenaga efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. (2) Pendekatan saintifik pada materi sasis dan pemindah tenaga tidak efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. (3) Pendekatan STEM dengan model PBL pada materi sasis dan pemindah tenaga lebih efektif daripada pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang signifikan antara kedua kelas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan STEM, pendekatan saintifik, berpikir kritis, berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:07
Last Modified: 16 Aug 2022 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73926

Actions (login required)

View Item View Item