Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunanetra Kelas X Inklusi SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Risti, Fiyana and Dr. Ibrahim, M.Pd (2011) Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunanetra Kelas X Inklusi SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-37.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta sebagai salah satu sekolah inklusi di Yogyakarta yang memberikan kesempatan kepada semua anak, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), belajar bersama-sama di sekolah dengan memperhatikan keberagaman dan kebutuhan individual. ABK yang bersekolah di SMA Muhammadiyah 4 seluruhnya adalah tunanetra, baik yang permanen ataupun low vision. Matematika merupakan pelajaran wajib bagi seluruh siswa SMA Muhammadiyah 4. Proses pembelajaran matematika untuk ABK tunanetra haruslah dirancang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan dan karakteristik peserta didik, serta mengacu kepada kurikulum yang digunakan. Paradigma standarisasi pendidikan menyebabkan praktek pembelajaran matematika di SMA Muhammadiyah 4 dilaksanakan seperti sekolah reguler. Proses pembelajaran matematika di kelas inklusi masih bertumpu pada pola pembelajaran kelas reguler, sehingga mengakibatkan ABK tunanetra sulit mengimbangi kecepatan belajar kelas. Dari hasil kajian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dan wacana dalam mewujudkan pendidikan matematika inklusif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunanetra, Proses pembelajaran matematika, Kelas Inklusi
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7392

Actions (login required)

View Item View Item