nurbaiti, anifah tuzzuhroh (2022) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL ANGRY METER SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN MARAH PESERTA DIDIK SMK. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_anifa tuzzuhroh nurbaiti_19713251015(1).pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
anajemen marah merupakan memilih respon yang tepat ketika berada pada kemarahan. Komik digital angry meter merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai media bimbingan kelompok untuk meningkatkan manajemen marah bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan komik digital angry meter sebagai media bimbingan kelompok untuk meningkatkan manajemen marah peserta didik, 2) mengetahui kelayakan Komik digital angry meter sebagai media bimbingan kelompok untuk meningkatkan manajemen marah peserta didik, dan 3) mengetahui efektivitas komik digital angry meter sebagai media bimbingan kelompok untuk meningkatkan manajemen marah peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada lima langkah model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data menggunakan skala uji kelayakan media, skala uji kelayakan materi, angket respon guru bimbingan dan konseling, angket respon peserta didik, dan skala manajemen marah. Uji kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru bimbingan dan konseling, dan peserta didik dan dianalisis dengan menggunakan konversi lima kriteria kuantitatif. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) telah dihasilkan komik digital angry meter sebagai media bimbingan kelompok untuk meningkatkan manajemen marah peserta didik berupa komik digital berwarna dengan empat episode dalam blog sebagai media bimbingan kelompok untuk meningkatkan manajemen marah peserta didik SMK, 2) media komik digital angry meter yang dihasilkan layak berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan guru bimbingan dan konseling yaitu layak untuk pada peserta didik, dan 3) Komik digital angry meter cukup Hasil perhitungan data skala manajemen marah pada kelompok bimbingan yang diberikan media komik digital angry meter menunjukkan peningkatan sebesar 70,34% yang termasuk dalam kriteria cukup efektif. ii Subjek uji efektivitas dalam penelitian ini berjumlah enam peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Mungkid Magela
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik digital, manajemen marah, peserta didik SMK |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan Pendidikan > Konseling |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 01:30 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 01:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73915 |
Actions (login required)
View Item |