Muhamad, Abdorin (2011) Kemampuan Berfikir Matematis Mahasiswa Difabel Netra Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Pada Matakuliah Statistika. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3
|
Text
p-31.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematis para mahasiswa difabel dan untuk mengetahui kesulitan-kesulaitan yang dialaminya agar dapat dicarikan tawaran untuk mengatasinya. Layanan pendidikan difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan salah satu layanan yang diperuntukan bagi mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus (penyandang cacat) untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di UIN Sunan Kalijaga. Kebanyakan mahasiswa difabel yang ada di UIN Sunan Kalijaga adalah mahasiswa tuna netra, dan sebagian dari mereka mengambil program study pendidikan agama islam. Meskipun para mahasiswa difabel menempuh pendidikan pada program study Pendidikan Agama Islam, bukan berarti mereka tidak mendapat mata kuliah matematika. Mata kuliah statistika merupakan mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa, termasuk para mahasiswa difabel sebagai bekal untuk melakukan penelitian. Pada mata kuliah lain yang notabennya bukan matematika para mahasiswa difabel bisa mengikutinya. Tetapi pda mata kuliah statistika mereka kesulitan untuk mengikutinya, terutama dalam memahami data dalam bentuk grafik. Kata kunci : mahasiswa difabel, statistik, kemampuan matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mahasiswa difabel, statistik, kemampuan matematis |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 12 Nov 2012 00:36 |
Last Modified: | 12 Nov 2012 00:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |