Pengaruh Modal Sosial Terhadap Karakter Wirausaha Mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Fitria, Umi and Wachidi, Wachidi (2022) Pengaruh Modal Sosial Terhadap Karakter Wirausaha Mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-umi fitria-15703261054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh modal sosial terhadap karakter wirausaha mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta, dan (2) dimensi modal sosial yang paling berkontribusi terhadap pembentukan karakter wirausaha mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program sarjana strata 1 Universitas AMIKOM Yogyakarta yang berjumlah 7.221 mahasiswa. Penentuan sampel untuk analisis model SEM yaitu banyaknya indikator variabel laten diperoleh 360 mahasiswa. Selanjutnya pembagian sampel ditentukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menjelaskan rata-rata skor modal sosial dan karakter wirausaha mahasiswa, sedangkan statistik inferensial dengan SEM untuk menguji hipotesis. Uji kecocokan model menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program LISREL 8,80. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada pengaruh positif dan signifikan dari modal sosial terhadap pembentukan karakter wirausaha mahasiswa. Modal sosial memiliki koefisien jalur dengan karakter wirausaha sebesar 0,77. Model hubungan modal sosial terhadap karakter wirausaha mahasiswa dari hasil pengujian model fit menunjukkan modal sosial yang terbentuk dari tindakan kolektif dan kerjasama sebesar 0,85; kepercayaan dan solidaritas sebesar 0,69; kelompok dan jaringan sebesar 0,70; informasi dan komunikasi sebesar 0,62; kohesi dan inklusi sosial sebesar 0,63; dan pemberdayaan sebesar 0,74. (2) Tindakan kolektif dan kerjasama adalah dimensi modal sosial yang paling berkontribusi terhadap pembentukan karakter wirausaha mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien jalur 0,23.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Karakter Wirausaha, Modal Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:30
Last Modified: 15 Aug 2022 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73853

Actions (login required)

View Item View Item