Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Matematika SD Berbasis Sosiokultural di PGSD untuk Meningkatkan Culturally Responsive Teaching Mahasiswa.

Murti, Rahayu Condro and Marsigit, Marsigit (2022) Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Matematika SD Berbasis Sosiokultural di PGSD untuk Meningkatkan Culturally Responsive Teaching Mahasiswa. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-rahayu condro murti-14703261012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Krisis budaya yang terjadi pada anak-anak Indonesia membawa pesan khusus bagi para pendidik untuk turut serta dalam mencari solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model kurikulum pendidikan matematika SD berbasis sosiokultural di PGSD dan bahan ajar pendukungnya (2) menguji tingkat kelayakan model kurikulum pendidikan matematika SD berbasis sosiokultural di PGSD dan bahan ajar pendukungnya (3) mengungkapkan efektivitas model kurikulum yang dikembangkan tersebut dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa menyusun skenario pembelajaran matematika SD yang peka budaya. Penelitian ini menggunakan 10 langkah model pengembangan Borg & Gall yaitu analisis kebutuhan; menyusun draft model kurikulum pendidikan matematika SD berbasis sosiokultural di PGSD dan draft bahan ajar pendidikan matematika SD berbasis budaya; pengembangan tahap awal dari produk; uji validasi ahli materi/pendidikan matematika, ahli budaya, dan ahli media; revisi produk; uji coba lapangan terbatas pada 30 mahasiswa PGSD; revisi produk berdasarkan hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran; uji coba lapangan operasional pada enam kelas PGSD, dua kelas dari UNY, dua kelas dari UPY, dan dua kelas dari UAD Yogyakarta; revisi akhir; dan diseminasi serta publikasi produk. Pengumpulan data menggunakan angket, dan tes, serta melalui observasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kuntitatif dan kualitatif. Uji efektivitas menggunakan analisis data uji Wilcoxon dengan SPSS 24 pada tiga kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kurikulum pendidikan matematika SD berbasis sosiokultur di PGSD dan produk pendukungnya layak digunakan dalam perkuliahan pendidikan matematika di PGSD. Analisis data uji Wilcoxon menunjukkan bahwa keterampilan CRT (culturally responsive teaching) mahasiswa dapat meningkat dengan menerapkan model kurikulum pendidikan matematika berbasis sosiokultural yang mensinergiskan ketiga aspek budaya, yaitu nilai, konteks, dan artefak dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kurikulum pendidikan matematika PGSD, sosiokultur, pembelajaran matematika peka budaya
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:29
Last Modified: 12 Aug 2022 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73848

Actions (login required)

View Item View Item