Setiadi, Bayu rahmat and Sugiyono, Sugiyono (2022) Model Pembelajaran CAD Berluaran Desain Industri. S3 thesis, Program Pascasarjana.
Text
disertasi-bayu rahmat setiadi-16702261007.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengungkapkan model pembelajaran Computer-aided Design (CAD) yang diterapkan di pendidikan tinggi vokasi teknik mesin; (2) Menemukan model pembelajaran CAD berluaran desain industri yang mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam desain industri; dan (3) Menguji keefektifan model dalam pembelajaran CAD berluaran desain industri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Richey dan Klein dengan modifikasi sebagai berikut: tahap pra pengembangan, tahap pengembangan, tahap validasi model (validasi internal dan eksternal), dan tahap penggunaan model (uji coba model dan uji efektivitas model) dengan desain eksperimen one shot case study. Model dan buku panduan penggunaan model divalidasi oleh pakar/ahli bidang pendidikan kejuruan, evaluasi pendidikan, asesor kompetensi CAD, dosen pengampu CAD, profesional bidang CAD, dan praktisi industri serta subyek uji coba model adalah 20 mahasiswa yang menempuh mata kuliah CAD 3D. Tempat penelitian di Laboratorium Desain Produk Program Studi Pendidikan Teknik Mesin dan 2 industri mitra di CV. ED Alumunium dan CV. C-Maxi Alloycast. Pengumpulan data melalui FGD, observasi, wawancara, tes performa, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran CAD yang terbaru dan berkembang di Pendidikan Tinggi Akademik dan Vokasi adalah model pembelajaran berbasis redesain produk industri. Model ini memiliki kelemahan yaitu mahasiswa hanya bekerja melakukan redesain produk industri tanpa mengetahui apakah produk industri tersebut dapat dimodifikasi atau diinovasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi; (2) Model pembelajaran CAD berluaran desain industri terdiri atas 4 komponen yaitu komponen input, proses, output, dan evaluasi. Komponen input terdiri atas kurikulum, perangkat pembelajaran, sarana pembelajaran, dan sumber daya manusia. Komponen proses terdiri atas pengelompokkan, eksplorasi inovasi desain produk industri, asesmen desain produk industri, konseptualisasi desain, perwujudan desain, inovasi dan optimalisasi desain, serta detail desain. Komponen output terdiri atas presentasi desain industri dan inovasi desain industri. Komponen evaluasi terdiri atas instrumen evaluasi model baik dari input, proses, dan output; (3) Uji keefektifan model dilihat dari nilai rerata kreativitas adalah 87,13% (sangat tinggi), nilai rerata inovasi 82,45% (sangat tinggi), dan peningkatan nilai capaian pembelajaran mata kuliah atau Course Learning Outcomes (CLO) dengan nilai rerata 83,69 (sangat tinggi). Implikasi penelitian ini adalah mahasiswa dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi desain industri dan industri mendapatkan manfaat dalam peningkatan mutu produk melalui optimalisasi desain produk.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | computer-aided design, pembelajaran CAD, desain industri, vokasi teknik mesin |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 08:54 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 08:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73843 |
Actions (login required)
View Item |