Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teknik Elektronika Berbasis Mobile Augmented Reality (mAR).

Vanda, Yoiceta and Sofyan, Herminarto (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teknik Elektronika Berbasis Mobile Augmented Reality (mAR). S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-yoiceta vanda-17702261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran menggunakan teknologi mobile Augmented Reality untuk di Program Studi Teknik Elektronika, Akademi Teknologi AUB Surakarta, (2) menguji kelayakan multimedia pembelajaran, dan (3) menguji efektitas multimedia pembelajaran. Penelitian ini merupakan research and development yang menerapkan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa multimedia pembelajaran berbasis mobile Augmented Reality beserta buku panduan, dan instrumen penelitian untuk mengukur kelayakan, kepraktisan, keefektifan, serta usability multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Subjek penelitian berjumlah 76 orang, terdiri dari ahli materi, ahli media, dosen, dan mahasiswa. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi.. Desain uji coba yang digunakan adalah desain quasi-experiment. Validasi multimedia pembelajaran yang dihasilkan dilakukan oleh dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan pengguna (dosen dan mahasiswa). Penentuan tingkat kelayakan didasarkan pada hasil validasi dosen ahli mencakup validitas desain media, materi dan manfaat. Penentuan tingkat kepraktisan didasarkan pada observasi keterlaksanaan RPS. Penentuan tingkat efektifitas ditinjau dari capaian hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan multimedia yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-t (uji beda). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) multimedia pembelajaran yang dihasilkan berupa aplikasi mobile Augmented Reality untuk motherboard, (2) hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan tersebut sangat layak, (3) Multimedia pembelajaran Teknik Elektronika berbasis mobile Augmented Reality (mAR) yang dikembangkan pada penelitian ini dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika Akademi Teknologi AUB Surakarta.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, multimedia pembelajaran, teknik elektronika
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:49
Last Modified: 10 Aug 2022 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73842

Actions (login required)

View Item View Item