Evaluasi Pengelolaan Fasilitas Bengkel dan Laboratorium Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Kota Pontianak.

Widiyantoro, Agung and Martubi, Martubi (2022) Evaluasi Pengelolaan Fasilitas Bengkel dan Laboratorium Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Kota Pontianak. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-agung widiyantoro-19702251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: (1) tingkat kelengkapan prasarana standar ruang bengkel dan laboratorium, (2) tingkat kelengkapan sarana standar ruang bengkel dan laboratorium sekolah menengah kejuruan keahlian teknik kendaraan ringan otomotif (SMK TKRO) di Kota Pontianak ditinjau dari norma dan standar bengkel dan labolatorium SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan (3) pengelolaan bengkel dan laboratorium SMK TKRO di Kota Pontianak berdasarkan indikator-indikator bengkel dan laboratorium yang baik menurut Direktorat Pembinaan SMK. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan analisis model discrepancy dan goal free untuk mengevaluasi data kuantitatif sarana dan prasarana serta pengelolaan laboratorium dan bengkel. Populasi penelitian ini yaitu SMK KTKRO yang ada di Kota Pontianak, dan objeknya adalah bengkel/ laboratorium di SMK yang menjadi populasi. Subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, kepala jurusan, guru produktif, kepala bengkel, teknisi, dan peserta didik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kelengkapan prasarana bengkel/laboratorium termasuk dalam kategori rendah, sehingga pihak sekolah harus meningkatkan kualitasnya. (2) Kelengkapan sarana bengkel/laboratorium pada sub ruang area kerja mesin otomotif termasuk kategori rendah, sub ruang area kerja chassis otomotif termasuk kategori rendah, sub ruang area kerja kelistrikan otomotif termasuk kategori rendah, dan ruang instruktur dan penyimpanan termasuk kategori sedang. Hal ini berarti pihak sekolah perlu meningkatkan kualitas kelengkapan. (3) Pengelolaan bengkel area ruang praktik otomotif dalam kategori sesuai; ruang instruktur dan penyimpanan kategori sesuai; ruang Waka sarana prasarana, kepala jurusan, guru produktif, dan teknisi bengkel dalam kategori sangat sesuai. Pengelolaan bengkel area ruang praktik otomotif umumnya sesuai dan sangat sesuai sehingga pihak sekolah perlu mempertahankan kualitas pengelolaan bengkel area ruang praktik otomotif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bengkel/laboratorium, evaluasi, sarana dan prasarana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:06
Last Modified: 10 Aug 2022 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73841

Actions (login required)

View Item View Item