Evaluasi Uji Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta.

Hardiyanta, Rendra Ananta Prima and Wagiran, Wagiran (2022) Evaluasi Uji Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rendra ananta prima hardiyanta-19702251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK di Kota Yogyakarta ditinjau dari aspek: (1) context, (2) input, (3) process, dan (4) product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi model CIPP. Subjek penelitian ini yaitu tujuh ketua kompetensi keahlian, 18 asesor, dan 23 guru produktif sebagai pelaksana UKK TKRO SMK negeri dan swasta di Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman dokumentasi, kuesioner, dan pedoman wawancara. Instrumen penelitian divalidasi melalui expert judgement. Validitas diperoleh dengan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Aspek context yaitu kesesuaian kebijakan dan tujuan uji kompetensi, kurikulum SMK, DUDI/IDUKA, kebutuhan dan peluang kerja di dunia usaha dan industri, serta perkembangan IPTEK di masa depan; dinyatakan baik oleh ketua kompetensi keahlian, sangat baik oleh asesor dan guru produktif. (2) Aspek input, yaitu kesesuaian kompetensi dan kualifikasi asesi, asesor, materi uji kompetensi, kelayakan tempat uji kompetensi, dan kelengkapan sarana prasarana uji kompetensi; dinyatakan sangat baik oleh ketua kompetensi keahlian, asesor kompetensi, dan guru produktif. (3) Aspek process yaitu kesesuaian jadwal, waktu, prosedur pelaksanaan, pengawasan, dan sistem penilaian dalam uji kompetensi; dinyatakan sangat baik oleh ketua kompetensi keahlian, asesor kompetensi, dan guru produktif. (4) Aspek product yaitu ketercapaian hasil uji kompetensi siswa (nilai), kesesuaian dengan kebutuhan DUDI/IDUKA, pengakuan sertifikat kompetensi, dan komitmen dalam rekrutmen tenaga; dinyatakan sangat baik oleh ketua kompetensi keahlian dan asesor kompetensi, dan baik oleh guru produktif. Rekomendasi yang disarankan yaitu: (1) peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana uji kompetensi yang mutakhir, (2) pengingkatan kualitas guru produktif dan asesor melalui pelatihan asesor, (3) dan peningkatan MoU dengan DUDI/IDUKA mengenai rekrutmen tenaga kerja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CIPP, evaluasi, otomotif, SMK, uji kompetensi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:01
Last Modified: 10 Aug 2022 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73840

Actions (login required)

View Item View Item