Implementasi Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah, Berpikir Kritis Serta Mengeliminir Kecemasan Matematika

Ketut, Sutame (2011) Implementasi Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah, Berpikir Kritis Serta Mengeliminir Kecemasan Matematika. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-28.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika, diantaranya adalah memecahkan masalah (NCTM :2000). Berpikir kritis juga merupakan elemen yang tidak dapat dipisahkan dari kemampuan pemecahan masalah (Marcut, Christensen & Martin (Killen, 2009:248), Glazer (2001: 14)).Suasana pembelajaran matematikapun harus menyenangkan untuk siswa (Depdiknas nomor 41 tahun 2007). Fakta pembelajaran matematika masih berorentasi pada teacher centered (Ahmad Fauzan ( 2002), Ho (Kaur & Yeap Ban Har, 2009: 6)). Akibat pembelajaran teacher centered, siswa hanya mampu menyelesaikan masalah rutin yang berimbas pada rendahnya kemampuan berpikir kritis (PISA(2009), TIMSS (2007)) serta munculnya kecemasan matematika (math anxiety) (Arem (2003: 19), Wu (Thijsse: 2002), Sabri et al (2009)). Pendekatan problem posing mampu mengeliminir kecemasan matematika ( Brown & Walter, 2005: 166- 167), komponen penting dalam pemecahan masalah (Brown & Walter, 2005: 2), Menstimulus siswa untuk berpikir dengan kualitas tinggi (De Lange (Lin: 2004)). Kata kunci: Problem posing, Kemampuan penyelesian masalah, kemampuan berpikir kritis, kecemasan matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem posing, Kemampuan penyelesian masalah, kemampuan berpikir kritis, kecemasan matematika.
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7383

Actions (login required)

View Item View Item