Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Guided Discovery Bermuatan Karakter Berbantuan CD Pembelajaran Materi Bangun Datar Kelas 5

Isticharoh, (2011) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Guided Discovery Bermuatan Karakter Berbantuan CD Pembelajaran Materi Bangun Datar Kelas 5. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-27.pdf

Download (233Kb) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Bab V Pasal 13 ayat 1 ditetapkan bahwa pendidikan dasar diselenggarakan untuk mengembangkan dan membekali peserta didik dengan IPTEK dan IMTAQ. Khusus untuk mengembangkan IMTAQ, pendidikan karakter diperlukan terutama pada pembelajaran matematika. Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa cukup sulit dan tidak menarik bagi siswa, terutama pada materi bangun datar. Hal ini berdampak buruk bagi prestasi/ hasil belajar siswa, terbukti dari belajar siswa kelas VA SDSN Batursari 6 dalam 2 tahun terakhir. Tahun 2009/2010 rata-rata ulangan harian 5,8 dari KKM 6,7 dengan prosentase ketuntasan klasikal 54%. Tahun 2010/2011 rata-rata ulangan harian 6,0 dari KKM 6,7 dengan prosentase ketuntasan klasikal 59%. Merujuk pendapat Hamdani (2011:60) dengan ketuntasan individual 75 dan ketuntasan klasikal 85 % jelas jauh dari berhasil. Untuk mengatasi hal itu peneliti berusaha mencari solusi dengan mengembangkan pembelajaran menggunakan metode guied discovery berbasis karakter dengan berbantuan CD Pembelajaran. Karena pembelajaran ini memiliki kelebihan : siswa aktif, mampu menemukan konsep sendiri, mampu berpikir analisis serta mampu membentuk karakter kejujuran dan kerjasama. Penelitian ini dengan 1 kelas kontrol dan 1 kelas eksperimen sebagai subyek penelitian. Kelas subjek penelitian diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode guied discovery berbasis karakter dengan berbantuan CD pembelajaran dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari penelitian ini didapat data adanya peningkatan hasil belajar dari 6,0 dengan ketuntasan klasikal 59% menjadi 7,6 ketuntasan individual dan 83% ketuntasan klasikal. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa metode guided discovery bermuatan Karakter berbantuan CD Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada Materi Bangun Datar kelas V. Keyword : pembelajaran guided discovery, pendidikan karakter, CD pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran guided discovery, pendidikan karakter, CD pembelajaran
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7382

Actions (login required)

View Item View Item