Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Bola Basket Peserta Didik Kelas VIII

Arsiwi, Afifah Ari (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Bola Basket Peserta Didik Kelas VIII. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_afifah ari arsiwi_20733251019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap hasil belajar bola basket; dan (2) Interaksi antara model pembelajaran PBL dan TGfU dengan motivasi belajar (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar bola basket. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Muntilan yang berjumlah 190 peserta didik dari 5 kelas, yang diambil berdasarkan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan kelas VIII C dengan jumlah peserta didik masing-masing 40 peserta didik. Kelas VIII A dengan perlakuan model PBL sedangkan kelas VIII C dengan model TgfU. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar tes kognitif dan psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap hasil belajar bola basket, dengan nilai F 5,318 dan p < 0,05. Kelompok model Teaching Games for Understanding (TGfU) lebih baik dibandingkan dengan kelompok model Problem Based Learning (PBL), selisih rata-rata kedua kelompok sebesar 5,2. (2) Ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) dengan motivasi belajar (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar bola basket, dengan nilai F 20,123 dan p > 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: PBL, TgfU, hasil belajar PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:45
Last Modified: 10 Aug 2022 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73819

Actions (login required)

View Item View Item