Pengembangan Penilaian Hasil Belajar PJOK Materi Bola Voli di SMP Berbasis Game Performance Assessment Instrument (GPAI)

Pratama, Chandra Richo (2022) Pengembangan Penilaian Hasil Belajar PJOK Materi Bola Voli di SMP Berbasis Game Performance Assessment Instrument (GPAI). S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_chandra richo pratama_20733251032.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui langkah-langkah pengembangan penilaian hasil belajar PJOK materi bola voli di SMP berbasis Game Performance Assessment Instrument (GPAI). (2) Mengetahui tingkat kelayakan produk penilaian hasil belajar PJOK materi bola voli di SMP berbasis GPAI. (3) Mengetahui validitas dan reliabilitas penilaian hasil belajar PJOK materi bola voli di SMP berbasis GPAI. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). langkah-langkah pengembangan menggunakan desain ADDIE yaitu tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi, selanjutnya dilakukan uji efektivitas produk. Validasi dilakukan dengan 5 dosen ahli, uji coba skala kecil dengan 2 guru PJOK, dan uji coba skala besar dengan 8 guru PJOK. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) wawancara, (2) lembar observasi, (3) dan angket. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian hasil belajar PJOK materi bola voli di SMP berbasis GPAI menggunakan metode ADDIE, yang meliputi 5 langkah yaitu tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. (2) Instrumen penilaian hasil belajar PJOK materi bola voli di SMP berbasis GPAI yang dikembangkan layak dengan penilaian guru pada uji coba skala kecil yaitu sebesar 92,5%. (3) Instrumen penilaian hasil belajar PJOK materi bola voli di SMP berbasis GPAI yang dikembangkan valid dan reliabel, dengan V Aiken ≥ 0,87. Selanjutnya reliabilitas instrumen penilaian hasil belajar PJOK materi bola voli di SMP berbasis GPAI sebesar 0,797 pada kategori “Tinggi”.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar PJOK, materi bola voli, GPAI
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:11
Last Modified: 10 Aug 2022 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73806

Actions (login required)

View Item View Item