Hubungan Antara Aktivitas Jasmani dan Perilaku Makan Terhadap Indeks Masa Tubuh Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas

Yuliarto, Hendra Tri (2022) Hubungan Antara Aktivitas Jasmani dan Perilaku Makan Terhadap Indeks Masa Tubuh Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hendra tri yuliarto_18601241121.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara aktivitas jasmani terhadap IMT peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas. (2) Hubungan antara perilaku makan terhadap IMT peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas. (3) Hubungan antara aktivitas jasmani dan perilaku makan terhadap IMT peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas yang berjumlah 156 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik total sampling. Instrumen aktivitas jasmani dan perilaku makan menggunakan angket, sedangkan IMT menggunakan timbangan berat badan dan tinggi badan menggunakan stadiometer. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas jasmani terhadap IMT peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas, dengan nilai r hitung 0,522 dan sumbangan efektif sebesar 17,37%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara perilaku makan terhadap IMT peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas, dengan nilai r hitung 0,653 dan sumbangan efektif sebesar 35,23%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas jasmani dan perilaku makan terhadap IMT peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas, dengan nilai F hitung 84,913 dan sumbangan sebesar 52,60%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Indah Prasetyawati Tri Purnama Sari, M.Or.
Uncontrolled Keywords: aktivitas jasmani, perilaku makan, Indeks Masa Tubuh
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:34
Last Modified: 10 Aug 2022 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73804

Actions (login required)

View Item View Item