Pengaruh Terapi Manurak Terhadap Penyembuhan Cedera Pergelangan Tangan Pekerja Kerajinan Tangan Keramik di Pabrik Mustika Desa Klampok Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah

Winatha, Fahmi Indra (2022) Pengaruh Terapi Manurak Terhadap Penyembuhan Cedera Pergelangan Tangan Pekerja Kerajinan Tangan Keramik di Pabrik Mustika Desa Klampok Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fahmi indra winatha_18603144006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kasus cedera pergelangan tangan terjadi akibat kompresi pada nervus medianus yang terjadi karena gerakan yang berulang-ulang dalam jangka waktu yang cukup lama. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Terapi Manurak efektif untuk menurunkan nyeri pada pergelangan tangan pada pekerja kerajinan tangan keramik di pabrik Mustika dan pengaruh metode Terapi Manurak efektif untuk meningkatkan jangkauan gerak sendi (ROM) pada pergelangan tangan pada pekerja kerajinan tangan keramik di pabrik Mustika. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pekerja pabrik keramik Mustika bagian Putar yang berjumlah 16 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin, didapat sampel sebanyak 15 pekerja. Pengumpulan data dengan mengukur variabel Nyeri menggunakan bantuan software Visual Analogue Scale (VAS), variabel Range of Motion (ROM) dengan bantuan alat ukur Goniometer. Analisis data menggunakan Uji Beda Paired Sample Test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Terapi Manurak berpengaruh secara efektif untuk menurunkan Nyeri Pergelangan Tangan dengan P-Value sebesar 0,000 < 0,05. Terapi Manurak berpengaruh secara efektif untuk meningkatkan Jangkauan Gerak Sendi atau Range of Motion (ROM) dengan P-Value gerak Fleksi sebesar 0,000 < 0,05, gerak Ekstensi sebesar 0,000 < 0,05, gerak Infersi sebesar 0,000 < 0,05, gerak Eversi sebesar 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Bernadeta Suhartini, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: Terapi Manurak, nyeri, range of motion, visual analogue scale
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:22
Last Modified: 09 Aug 2022 02:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73802

Actions (login required)

View Item View Item