Pembelajaran Matematika dengan Differentiated Instruction untuk Mengembangkan Karakter Positif Siswa

Ika Wulandari, S.Pd.Si and Laela Sagita,, M.Sc (2011) Pembelajaran Matematika dengan Differentiated Instruction untuk Mengembangkan Karakter Positif Siswa. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-25.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Setiap pribadi peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan karakter berpengaruh pada gaya belajar (learning style), tingkat kesiapan (readiness), dan ketertarikan (interest) dari masing-masing peserta didik. Dalam hal ini, salah satu tugas seorang guru adalah untuk memfasilitasi peserta didik agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal serta mengembangkan karakter positif dengan mengoptimalkan potensi dalam diri peserta didik. Pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakter peserta didik akan menghasilkan pembelajaran yang kurang maksimal. Oleh karena itu, dalam belajar matematika diperlukan penyesuaian terhadap gaya belajar (learning style), tingkat kesiapan (readiness), dan ketertarikan (interest) . Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang merespon berbagai kebutuhan sesuai karakteristik siswa adalah Differentiated Instruction. Langkah-langkah dalam menerapkan pembelajaran Differentiated Instruction diawali dengan mengidentifikasi gaya belajar (learning style), tingkat kesiapan (readiness), dan ketertarikan (interest) peserta didik, selanjutnya dengan melakukan proses pembelajaran dengan menyiapkan perencanaan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Prinsip-prinsip pada pendekatan Differentiated Instruction sesuai dengan prinsip-prinsip Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa melalui integrasi dalam mata pelajaran matematika. Prinsip yang dimaksud adalah proses belajar yang berkelanjutan, dengan mengembangkan karakter positif yang dimiliki peserta didik secara aktif dan menyenangkan, sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta didik. Melalui integrasi pendekatan Differentiated Instruction dengan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa diharapkan mampu memberikan hasil belajar berupa kemampuan akademik dan karakter positif yang optimal. Katakunci: Belajar matematika, Differentiated Instruction, learning style, readiness, interest, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Belajar matematika, Differentiated Instruction, learning style, readiness, interest, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7380

Actions (login required)

View Item View Item