Efektivitas Terapi Masase Frirage dan Terapi Latihan Dalam Meningkatkan ROM Sendi Pergelangan Kaki Pasca Cedera Engkel Kronis Pada Atlet Futsal Akademi Jogokaryan

Dhimaringtyaz, Prabu (2022) Efektivitas Terapi Masase Frirage dan Terapi Latihan Dalam Meningkatkan ROM Sendi Pergelangan Kaki Pasca Cedera Engkel Kronis Pada Atlet Futsal Akademi Jogokaryan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_prabu dhimaringtyaz_18603141003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan terapi masase frirage dan terapi latihan dalam meningkatkan Range of Motion (ROM) sendi pergelangan kaki pasca cedera engkel kronis yang ditunjukkan dengan peningkatan luas gerak sendi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2022 di Akademi Futsal Jogokaryan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet futsal Akademi Jogokaryan yang mengalami cedera engkel kronis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang dihitung dengan rumus slovin didapatkan sebanyak 11 sampel. Subjek mendapat perlakukan masase frirage yang dilakukan selama 20 menit, kemudian dilanjutkan dengan terapi latihan fleksibilitas dan mobilitas sendi selama 10 menit. Instrument yang digunakan untuk mengukur derajat sendi atau Range of Motion (ROM) menggunakan Goniometer. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, uji hipotesis menggunakan paired sample t-test untuk menguji data yang terdistribusi normal sedangkan menggunakan Wilcoxon signed rank untuk menguji data yang tidak terdistribusi normal dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan data hasil penelititan ini menunjukkan adanya perbedaan antara pretest dengan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pretest didapatkan nilai rata-rata plantarfleksi 34,73, dorsofleksi 30,00, inversi 28,00, eversi 14,73. Setelah diberikan perlakuan didapatkan nilai rata-rata plantarfleksi 43,45, dorsofleksi 35,73, inversi 38,09, eversi 23,18. Hasil paired t-test menunjukkan nilai signifikansi (p < 0,05) dan hasil Wilcoxon signed rank menunjukkan nilai Asymp. Sig 2-tailed (p < 0,05), sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah kombinasi terapi masase frirage dan terapi latihan efektif untuk meningkatkan Range of Motion (ROM) dengan tingkat keefektifan 25,10%, 19,10%, 36, 03%, 57,36% secara berturut-turut dalam peningkatan Range of Motion (ROM) plantarfleksi, dorsofleksi, inversi, dan eversi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: cedera engkel kronis, masase frirage, terapi latihan, range of motion
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:33
Last Modified: 08 Aug 2022 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73796

Actions (login required)

View Item View Item