Kualitas Layanan Klinik Kedokteran Olahraga Jogja Sports Clinic (JSC) terhadap Tingkat Kepuasan Pasien

Putra, Sukarno Awlya (2022) Kualitas Layanan Klinik Kedokteran Olahraga Jogja Sports Clinic (JSC) terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sukarno awlya putra_16603141031.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan klinik kedokteran olahraga Jogja Sports Clinic (JSC) terhadap tingkat kepuasan pasien”. Kualitas layanan didasarkan pada dimensi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan atau jaminan (assurance), perhatian (empathy) dan tampilan fisik atau berwujud (tangibles). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Jogja Sport Clinic (JSC) yang berjumlah 189 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan kriteria (1) pasien yang pernah berobat minimal 1 kali, (2) bersedia menjadi sampel, (3) mengembalikan angket yang telah diberikan peneliti. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 170 orang. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan kehandalan klinik kedokteran olahraga JSC terhadap tingkat kepuasan pasien, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 34,72%. (2) Ada pengaruh yang signifikan ketanggapan klinik kedokteran olahraga JSC terhadap tingkat kepuasan pasien, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 11,93%. (3) Ada pengaruh yang signifikan keyakinan klinik kedokteran olahraga JSC terhadap tingkat kepuasan pasien, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 12,70%. (4) Ada pengaruh yang signifikan perhatian klinik kedokteran olahraga JSC terhadap tingkat kepuasan pasien, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 8,68%. (5) Ada pengaruh yang signifikan tampilan fisik klinik kedokteran olahraga JSC terhadap tingkat kepuasan pasien, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 5,97%. (6) Ada pengaruh yang signifikan kualitas layanan kedokteran olahraga JSC terhadap tingkat kepuasan pasien, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 74,00%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. AIFO.
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, kepuasan pasien, JSC
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:26
Last Modified: 08 Aug 2022 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73795

Actions (login required)

View Item View Item