Heribertus Antok, Krisdyanto and M. Andy, Rudhito and H.J., Sriyanto (2011) Interaksi Siswa dan Buku Ajar dalam Pembelajaran Matematika Topik Kaidah Pencacahan dengan Menggunakan Buku Ajar di Kelas XI IPA SMA Kolese De Britto. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3
|
Text
p-24.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi yang terjadi antara siswa dan buku ajar dalam proses pembelajaran matematika topik Kaidah Pencacahan dengan menggunakan buku ajar ”Matematika Kontekstual untuk SMA/MA Kelas XI Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam” di Kelas XI IPA3 SMA Kolese De Britto Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi langsung dan observasi tidak langsung. Kegiatan analisis data dilakukan dalam tiga langkah, yaitu reduksi data, kategorisasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum interaksi siswa dengan buku ajar untuk setiap pertemuan adalah sebagai berikut: (1)siswa menggunakan buku ajar untuk melihat materi maupun contoh-contoh, (2)siswa menggunakan buku ajar untuk mengerjakan soal-soal yang ada di buku ajar, (3)siswa menggunakan buku ajar untuk menjelaskan jawaban dari soal yang ada di buku ajar. Kata-kata kunci: Kaidah pencacahan, Buku Ajar, Pembelajaran Matematika, Interaksi Siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kaidah pencacahan, Buku Ajar, Pembelajaran Matematika, Interaksi Siswa |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 12 Nov 2012 00:36 |
Last Modified: | 12 Nov 2012 00:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |