Instrumen Penilaian Authentic Assessment Teknik Dasar Forehand dan Backhand Groundstrokes Bagi Petenis Bangjo Tennis Camp Kabupaten Bantul Usia 8-16 Tahun

Muhammad, Ilham Surya (2022) Instrumen Penilaian Authentic Assessment Teknik Dasar Forehand dan Backhand Groundstrokes Bagi Petenis Bangjo Tennis Camp Kabupaten Bantul Usia 8-16 Tahun. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ilham surya muhammad_16604224018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Forehand dan backhand groundstrokes merupakan salah satu teknik yang diajarkan di Bangjo Tenis Camp Kabupaten Bantul, Kedua teknik ini merupakan teknik dasar yang paling dominan dalam permainan tenis. Oleh sebab itu kedua teknik itu perlu kita lihat sejauh mana tingkat konsistensinya. Tujuan pengembangan ini adalah mengembangkan model instrumen penilain authentic assessment teknik dasar forehand dan backhand groundstroke bagi petenis junior Bangjo Tenis Camp. Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan dan pengembangan dengan metode 4-D terdiri dari define, design, development, dissemination dengan langkah sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang didapat, (3) mengembangkan produk awal (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba instrumen, (6) finalisasi dan pembuatan produk instrumen penilaian. Subyek dalam pengembangan ini adalah petenis Bangjo tenis camp Kabupaten Bantul. Analisis data untuk uji validitas dilakukan dengan menggunakan CVR (content validity ratio) dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan ICC. Hasil dari pengembangan ini adalah dari uji reliabilitas Cronbach alpha untuk instrumen teknik dasar forehand sebesar 0.521 > 0,5 dan untuk instrumen teknik dasar Backhand didapat hasil sebesar 0.260 < 0,5 maka dapat dikatakan memiliki reliabilitas yang cukup baik, kemudian berdasarkan hasil dari reliabilitas intraclass correlation coefficient telah ditemukan single measures untuk instrumen teknik dasar forehand sebesar 0.043 dan nilai kesepakatan average measure telah mendapatkan 0.537 sedangkan untuk instrument teknik dasar Backhand didapati hasil sebesar 0.015 dan nilai kesepakatan average measures telah mendapatkan 0.281.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ngatman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tenis lapangan, instrumen penilaian forehand, backhand groundstrokes
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:37
Last Modified: 08 Aug 2022 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73784

Actions (login required)

View Item View Item