Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Hepsi, Nindiasari (2011) Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-23.pdf

Download (288kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berpikir reflektif matematis yang sangat penting peranannya dalam kegiatan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, terdapat 60% siswa salah satu SMA Kabupaten Tangerang Banten masih lemah di dalam beberapa indikator kemampuan berpikir reflektif matematis. Berpikir reflektif matematis dengan kemampuan metakognitif seseorang. Kemampuan metakognitif adalah suatu kemampuan yang menyadari akan pemikirannya, kemampuan untuk melihat dirinya sendiri sehingga apa yang dilakukan dapat terkontrol secara optimal. Oleh karenanya untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif diperlukan bahan ajar dan instrumen yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar dan instrumen berbasis pendekatan pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan berpikir reflektif matematis. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Kegiatannya meliputi studi pendahuluan (penelusuran pustaka, observasi, wawancara terhadap guru), pengembangan produk (bahan ajar dan instrumen, uji ahli (ahli matematika dan pendidikan matematika), Uji terbatas kepada siswa di 3 SMA di Kabupaten Tangerang yang tergolong sekolah tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar, instrumen kemampuan berpikir matematis layak untuk digunakan. Instrumen berpikir reflektif matematis memiliki 8 indikator dengan 11 soal. Kata Kunci: Bahan ajar, Instrumen, Berpikir Reflektif, Metakognitif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Instrumen, Berpikir Reflektif, Metakognitif
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7378

Actions (login required)

View Item View Item