Identifikasi Kemampuan Berpikir Matematis Rigor Siswa SMP Berkemampuan Matematika Sedang dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Harina, Fitriyani (2011) Identifikasi Kemampuan Berpikir Matematis Rigor Siswa SMP Berkemampuan Matematika Sedang dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-22.pdf

Download (234kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Berpikir matematis rigor (Rigorous mathematical thinking) merupakan suatu aktivitas berpikir matematis yang melibatkan penggunaan beberapa fungsi kognitif dimana dalam penggunaanya berpikir matematis rigor dikategorikan dalam 3 level yaitu level 1 (level berpikir kualitatif), level 2 (level berpikir kuantitatif), dan level 3 (level berpikir relasional abstrak). Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemampuan berpikir matematis rigor siswa SMP berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa kelas VII SMPN 1 Lamongan yang kemampuan matematikanya termasuk dalam kategori sedang. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Sedangkan untuk mendapatkan data penelitian yang valid, dalam penelitian ini digunakan triangulasi waktu. Berkaitan dengan tujuan penelitian yang telah dipaparkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir matematis rigor siswa berkemampuan matematika sedang berada pada level 1 atau level berpikir kualitatif. Kata-kata Kunci: Berpikir matematis rigor, fungsi kognitif, kemampuan matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir matematis rigor, fungsi kognitif, kemampuan matematika
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7377

Actions (login required)

View Item View Item