Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif, Peer Teaching dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Kesehatan

Rahmadhanty, Oktaviarini Yahya (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif, Peer Teaching dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Kesehatan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_oktaviarini yahya rahmadhanty_20633251001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK materi kesehatan. (2) Perbedaan interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK materi kesehatan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan AKL di SMK N 1 Depok yang berjumlah 108 siswa dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI AKL1 dan kelas XI AKL 3 dengan jumlah peserta didik masing-masing 36 siswa. Jumlah sampel 72 siswa di tes motivasinya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK materi kesehatan dengan nilai signifikasi p sebesar 0,005. Kelompok model pembelajaran peer teaching dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan model pembelajaran jigsaw dengan motivasi belajar tinggi. (2) Ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK materi kesehatan dengan signifikansi p sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Jigsaw, Peer teaching, motivasi belajar, hasil belajar PJOK materi kesehatan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:51
Last Modified: 04 Aug 2022 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73767

Actions (login required)

View Item View Item