Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Kelas III di SD Negeri Trucuk Triwidadi Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2021/2022

Kananto, Adjie Aulia (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Kelas III di SD Negeri Trucuk Triwidadi Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_adjie aulia kananto_18604224037.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi gerak dasar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif melalui media picture and picture. Dalam penelitian ini peneliti menemukan masalah berupa hasil ketuntasan belajar materi gerak dasar kelas III di SD Negeri Trucuk, Kecamatan Pajangan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang masih rendah di bawah 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama dua siklus atau 2x pertemuan. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas III sejumlah 23 anak. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes (lembar penilaian kognitif) dan non tes (lembar observasi afektif dan keterampilan). Data yang diperoleh dianalis menggunakan analisis deskriptif dengan rumus presentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan hasil pada siklus I diketahui ketuntasan hasil belajar gerak dasar melalui media picture and picture sebesar 21,74% (5 anak) sedangkan pada siklus II mencapai 78,26% (18 anak). Rata-rata hasil belajar secara pada siklus I diperoleh hasil 64,79 dan pada siklus II sebesar 77,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar gerak dasar dalam penerapan model pembelajaran kooperatif melalui media picture and picture di SD Negeri Trucuk.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, media picture and picture, gerak dasar, hasil belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:22
Last Modified: 04 Aug 2022 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73762

Actions (login required)

View Item View Item