Fadhilatunna’imah, Intan (2022) Survei Pemanfaatan Media Pembelajaran Renang SD Negeri Se-Kapanewon Galur Kabupaten Kulon Progo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
fulltext_intan fadhilatunnaimah_18604221005.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan media pembelajaran renang oleh guru PJOK SD Negeri se-Kapanewon Galur Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PJOK di SD Negeri se-Kapanewon Galur Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 17 guru dari 17 SD Negeri, yang diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran renang oleh guru PJOK SD Negeri se-Kapanewon Galur Kabupaten Kulon Progo berada dalam kategori ”sangat rendah” dengan persentase sebesar 11,77% (2 guru), kategori “rendah” sebesar 11,77% (2 guru), kategori “sedang” 47,06% (8 guru), kategori “tinggi” sebesar 23,52% (4 guru), kategori “sangat tinggi” sebesar 5,88% (1 guru). Berdasarkan nilai rata-rata yaitu 70,9 pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran renang di SD Negeri se-Kapanewon Galur Kabupaten Kulon Progo masuk dalam kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Saryono, M.Or. |
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan, media pembelajaran, pembelajaran PJOK |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 08:42 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 08:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73747 |
Actions (login required)
View Item |