Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dan Demonstrasi Terhadap Ketrampilan Service Atas dan Service Bawah Pembelajaran Bola Voli SMA Kota Magelang

Ramdani, Fajar Tri (2022) Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dan Demonstrasi Terhadap Ketrampilan Service Atas dan Service Bawah Pembelajaran Bola Voli SMA Kota Magelang. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fajar tri ramdani_20733251008.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Drill Terhadap Keterampilan dan Service Atas peserta didik SMA Kota Magelang, 2) Mengetahui perbedaan Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Drill Terhadap Keterampilan dan Service Atas peserta didik SMA Kota Magelang, 3) Mengetahui interaksi antara metode pembelajaran demonstrasi dan drill terhadap Keterampilan Service Atas dan Service Bawah peserta didik SMA Kota Magelang. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA dan IPS yang dipilih secara random dan berada di sekolah saat dilakukan penelitian. Instrumen yang digunakan adalah instrumen dari AAHPERD Volleyball yaitu tes service melewati net sebanyak 10 kali kesempatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T test berpasangan, dengan α = 0,05 sehingga apabila hasil p value ≤ 0,05 maka ada keefektivitasan dari pengambilan data melalui tes AAHPER baik dalam metode drill maupun demonstrasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Hasil tes service atas dan service bawah bola voli menggunakan tes AAHPER sebelum dan setelah dilakukan metode drill meningkat dari 25.83 menjadi 28.38 yaitu mengalami peningkatan 2.55. 2) Hasil tes service atas dan service bawah bola voli menggunakan tes AAHPER sebelum dan setelah dilakukan metode drill meningkat dari 16.12 menjadi 19.14 yaitu mengalami peningkatan 2.15. 3) uji t-test berpasangan diperoleh p value sebesar 0.000 baik di kelompok intervensi maupun kelompok kontrol dimana p value < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya hasil tes AAHPER pada metode drill meningkat 2.55, sedangkan pada metode demonstrasi meningkat 2.15, keduanya sama-sama meningkatkan mean baik dari metode drill maupun demonstrasi.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, pembelajaran drill, demonstrasi, bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:32
Last Modified: 08 Aug 2022 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73746

Actions (login required)

View Item View Item