Pengaruh Latihan Variasi Berpasangan Terhadap Keterampilan Dasar Sepak Sila dan Penerimaan Bola Pertama (Receive) Peserta Ekstrakurikuler Sepak Takraw di SD Putren Bantul

Permatasari, Novia (2022) Pengaruh Latihan Variasi Berpasangan Terhadap Keterampilan Dasar Sepak Sila dan Penerimaan Bola Pertama (Receive) Peserta Ekstrakurikuler Sepak Takraw di SD Putren Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_novia permatasari_18604224032.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan variasi berpasangan terhadap keterampilan dasar sepak sila dan penerimaan bola pertama (receive) peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SD Putren Bantul. Penelitian ini digunakan metode penelitian pre-eksperimen “One Group Pretest and Posttest Design”. Tempat penelitian yaitu di SD Negeri Putren Bantul. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler sepak takraw SD Negeri Putren Bantul. Sampel yang digunakan berjumlah 15 peserta maka teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan (1) berjenis laki-laki maupun perempuan, (2) daftar hadir Latihan minimal 75% (keaktifan mengikuti latihan pada saat treatment), (3) bersedia mengikuti perlakuan sampai akhir. Instrumen tes dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan dasar sepak sila oleh Husni Thamrin (2008: 22-23) dan tes penerimaan bola pertama (receive) (Sulaiman: 2011) dengan validitas 0,574 dan reabilitas 0,690. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggnakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan dasar sepak sila diperoleh t hitung 7,794 > t table 2,14 dan signifikan 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara Latihan variasi berpasangan terhadap keterampilan dasar sepak sila peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SD Negerei Putren Bantul. Sedangkan keterampilan penerimaan bola pertama (receive) diperoleh hasil uji t hitung 9,054 > t table 2,14 dan signifikan 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara Latihan variasi berpasangan terhadap penerimaan bola pertama (receive) peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SD Negeri Putren Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: keterampilan, sepak takraw, latihan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:20
Last Modified: 08 Aug 2022 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73745

Actions (login required)

View Item View Item