Efektivitas Foam Rolling Dengan Manual Massage Terhadap Penurunan Efek Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) Otot Quadriceps pada Atlet Sepak Bola Akademi FC UNY

Nugraha, Arroyyan Aditya (2022) Efektivitas Foam Rolling Dengan Manual Massage Terhadap Penurunan Efek Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) Otot Quadriceps pada Atlet Sepak Bola Akademi FC UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_arroyyan aditya nugraha_18603144004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas foam rolling dan manual massage terhadap penurunan nyeri delayed onset muscle soreness (DOMS) otot quadriceps pada atlet sepak bola Akademi FC UNY. Di samping itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas di antara kedua modalitas terapi tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment atau eksperimen semu dengan rancangan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 67 orang dengan sampel yang diambil sebanyak 14 orang yang merupakan siswa Akademi FC UNY dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terpilih dibagi menjadi dua kelompok sama rata, kelompok perlakuan foam rolling dan manual massage, dengan pemberian perlakuan foam rolling selama 6 menit dan manual massage selama 10 menit. Tingkat nyeri diukur menggunakan visual analogue scale (VAS) sebelum pemberian perlakuan (pretest) dan sesudah pemberian perlakuan (posttest). Analisis data menggunakan paired t-test untuk menghitung selisih nyeri sesudah dan sebelum perlakuan pada tiap-tiap kelompok perlakuan serta independent t-test untuk mengetahui perbedaan signifikansi di antara tiap-tiap kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa foam rolling dan manual massage efektif dapat menurunkan nyeri DOMS dengan nilai signifikansi hasil dari paired t-test di bawah 0,05 dan tidak ada perbedaan efektivitas antara kedua kelompok perlakuan dengan nilai signifikansi hasil dari independent t-test di atas 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah foam rolling dan manual massage efektif untuk menurunkan nyeri DOMS otot quadriceps pada atlet sepak bola Akademi FC UNY dan tidak ada perbedaan efektivitas di antara kedua modalitas terapi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ali Satia Graha, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: foam rolling, manual massage, DOMS, sepak bola
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:07
Last Modified: 29 Jul 2022 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73731

Actions (login required)

View Item View Item