Peran Latihan Penunjang Prestasi Panjat Tebing dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) Tahun 2019

Puspitaningtyas, Dyah (2022) Peran Latihan Penunjang Prestasi Panjat Tebing dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) Tahun 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dyah puspitaningtyas_18601241041.pdf

Download (936kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran latihan penunjang yang bermanfaat dalam mengembangkan prestasi atlet dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) tahun 2019 di DKI Jakarta. Dalam laporan ini dijelaskan apa saja latihan penunjang yang mempengarui prestasi atlet panjat tebing yaitu latihan fisik, latihan beban (weight training) dan juga latihan mental (simulasi pertandingan). Penelitian ini merupakan laporan RPL Skripsi yang berupa deskriptif. Pupulasi dalam penelitian ini adalah 1 pelatih dan 3 atlet yang merupakan perwakilan Tim Panjat Tebing DIY dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS). Latihan penunjang yang disusun dengan baik akan membantu atlet untuk membantu atlet untuk lebih cepat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sehingga dapat meraih prestasi tertinggi. Tidak hanya membantu atlet tetapi juga menjadi acuan pelatih dalam menilai perkembangan atlet dalam menjalani program latihan utama. Oleh karena itu, latihan penunjang merupakan faktor tambahan yang penting untuk membantu program utama sebagai penentu prestasi dalam sebuah kejuaraan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa latihan penunjang memiliki peran yang penting terhadap prestasi atlet Panjat Tebing DIY dalam POMNAS 2019. Hal tersebut dibuktikan dengan 2 (dua) atlet Panjat Tebing perwakilan dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan berhasil membawa pulang 2 (satu) medali emas. Kategori Lead Putri dan Speed Classic Putra.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, M.S., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: latihan penunjang, prestasi, panjat tebing
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:28
Last Modified: 28 Jul 2022 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73727

Actions (login required)

View Item View Item