Perbandingan Efektivitas Circulo Massage dan Thai Massage Terhadap Pemulihan Kelelahan dan Kualitas Tidur Pekerja Lapangan

Pinandita, Wildan Wirawan (2022) Perbandingan Efektivitas Circulo Massage dan Thai Massage Terhadap Pemulihan Kelelahan dan Kualitas Tidur Pekerja Lapangan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_wildan wirawan pinandita_20711251026.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan Circulo Massage dan Thai Massage dalam durasi, manipulasi, dan penggunaan lotion meskipun keduanya dimaksudkan untuk pemulihan kelelahan dan peningkatan kualitas tidur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas Circulo Massage dan Thai Massage serta perbedaan efektivitas diantara keduanya Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain two experiment group pretest-postetst dengan kelompok Circulo Massage dan Thai Massage. Subyek penelitian merupakan pekerja lapangan yang mengeluhkan gejala kelelahan dan menurunnya kualitas tidur yang berjumlah 60 orang dibagi dua kelompok secara random masing-masing 30 orang. Kelompok A menggunakan metode Circulo Massage dan kelompok B menggunakan metode Thai Massage. Perlakuan dilakukan sebanyak satu kali perlakuan dengan durasi untuk Circulo Massage 90 Menit dan Thai Massage 60 Menit. Pengukuran dilakukan dua kali, yaitu sebelum perlakuan dan selang 24 jam setelah perlakuan dengan menggunakan modifikasi Skala Pengukuran Kelelahan (SPK) untuk mengukur skala kelelahan, serta menggunakan modifikasi Pittsburgh Sleep Quality Indeks (PSQI) untuk mengukur indeks kualitas tidur. Teknik analisis data menggunakan uji beda Paired t-test, Wilcoxon, independent t-test, dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa Circulo Massage maupun Thai Massage efektif menurunkan skala kelelahan dan meningkatkan indeks kualitas tidur pekerja lapangan secara signifikan (p<0,05). Hasil perbandingan selisih data pretest dan posttest perlakuan Circulo Massage dan Thai Massage memiliki nilai p<0,05, sehingga disimpulkan bahwa kedua metode memiliki perbedaan yang signifikan, dengan Circulo Massage lebih efektif menurunkan skala kelelahan dan meningkatkan indeks kualitas tidur dibandingkan dengan Thai Massage. Berdasarkan hasil penelitian Circulo Massage maupun Thai Massage dapat diterapkan pada pekerja lapangan dengan keluhan kelelahan dan menurunnya kualitas tidur, dan lebih dipilih Circulo Massage apabila sarana dan prasarana memungkinkan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. dr. BM. Wara Kushartanti, M.S.
Uncontrolled Keywords: Circulo Massage, Thai Massage, kelelahan, kualitas tidur, pekerja lapangan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:58
Last Modified: 02 Aug 2022 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73726

Actions (login required)

View Item View Item